Masuk Universitas Jalur SNMPTN?

Selamat pagi, selamat siang, selamat sore, selamat malam teman-teman pembaca sharingwithayla.com. Sesuai dengan judul blog kali ini yaitu Masuk Universitas Jalur SNMPTN? yupss kali ini aku bakalan berbagi pengalaman aku masuk universitas lewat jalur SNMPTN. Bagi kalian yang sudah melewati masa-masa ini pasti paham betulkan bagaimana proses dan tahap-tahapan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa kita dengar dengan sebutan SNMPTN.Tapi disini aku mau share pengalaman aku bukan untuk pamer, jadilah pembaca yang pintarya teman :)..
Yuk tanpa memperpanjang markimul aja yukk, oh ya btw markimul itu mari kita mulai ya wkwkwk canda gengs biar engga terlalu serius. Oke kita lanjut yuk, jadi saat aku duduk dibangku kelas 10 aku mulai mendengar istilah masuk perguruan tinggi jalur perundangan yang dimana waktu itu ternyata yang dimaksud adalah jalur SNMPTN, maklum lah ya kan awal masuk SMA belum terpikiran akan macam hal tersebut jangankan terpikirkan, apa itu SNMPTN, apa itu jalur masuk perundangan aku sama sekali ga paham. Kelas 10 semester 1 alhamdulillah aku mendapatkan ranking 5, dan pada kelas 10 semester 2 aku bersyukur kepada Allah SWT aku diizikan untuk mendapat ranking 4. Nah berawal dari sinilah aku sedikit demi sedikit mengetahui apa sih itu SNMPTN. Saat pembagian rapot kelas 10 semester 2 wali kelas ku berbincang sedikit dengan orang tuaku membahas akan nilaiku yang meningkat. Sesampai dirumah aku diajak berbincang dengan orang tua ku yang membahas apa yang dibicarakan wali kelas ku tadi, ternyata wali kelas ku membahas tentang masuk perguruan tinggi melalui jalur perundangan atau SNMPTN. Karena dengan meningkatnya nilai dari semester awal hingga akhir akan mempermudah aku untuk masuk perguruan tinggi dengan jalur SNMPTN. Dan mulai saat itulah aku mengorek pengetahuan ku tentang SNMPTN. Yang terlintas diotakku pada saat itu jika aku masuk melalui jalur tersebut aku nggak perlu belajar untuk tes masuk perguruan tinggi. Dengan seiring berjalannya waktu aku berusaha belajar dengan keras untuk lebih meningkatkan nilai ku disetiap semesternya. Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT kelas 11 semester 1 aku mendapatkan ranking 4, kelas 11 semester 2 rangking 2, dan kelas 12 semester 1 aku diberi kepercayaan kepada Allah SWT aku mendapatkan rangking 1. Mulai saat itu aku optimis aku akan masuk kuota SNMPTN. Oiya aku mendapat rangking ini juga karena orang tua ku yang selalu berdoa untukku serta memfasilitasiku dengan mempercayakan bimbel diluar yang dimana sedari SD kelas 5 sampai lulus SMA aku mengabdi pada bimbel tersebut wkwkwk. Setelah memakan hari dan minggu akhirnya tibalah pengumuman siapa saja yang menerima kuota SNMPTN, aku inget banget pada waktu pengumuman itu bertepatan juga seklolahku ada jadwal TO aku lupa itu TO apa antara TO sekolah atau nggak kabupaten, dan setelah TO teman-teman ku pada cek hasil penguman tersebut di akun masing-masing yang didaftarkan untuk SNMPTN, karena banyak yang akses sehingga muncul link yang dimana link tersebut menipu teman-teman ku semua karena hasil pengumuman semua pada lolos masuk kuota SNMPTN, pada saat itu terdapat kotak warna hijau jika dinyatakan lolos, dan aku mengecek punya aku sendiri juga djnyatakan lolos, dan pada akhirnya aku dan teman-temanku menunggu sampai alamat web yang digunakan kembali normal, setelah menunggu beberapa jam kemudian teman aku ada yang mencoba mengakses kembali dan hasilnya dinyatakan tidak lolos masuk kuota SNMPTN dan terdapat warna merah dikotak laman tersebut. Mulai saat itu teman-teman ku banyak yang mencoba mengakses kembali dengan hasil ada yang dapat hijau dan merah setelah aku pastiin akhirnya aku memberanikan diri untuk mencoba mengakses kembali punya aku, dann Alhamdulillah Allah SWT mempercayakan aku untuk mendapatkan kuota SNMPTN.
Ohiya teman disitu aku mulai memperhatikan disekolah aku bahwa yang mendapatkan kuota adalah anak yang rata-rata mendapat kan rangking 12 hingga15 kalo ga salah.
Setelah itu aku konsul ke tentor konseling nya bimbel aku dan aku disarankan untuk pilihan pertama yaitu Teknologi Bioproses-UB, dan pilihan kedua yaitu Kimia-UIN Malang. Tetapi tidak semudah itu untuk menentukan jurusan yang aku pilih untuk didaftarkan di jalur SNMPTN, disitu aku dibimbing dengan tentor bimbel ku dengan mempertimbangkan nilai ku yang tertinggi mata pelajaran apa? minat aku dimana? passion aku apa? peluang masuknya besar atau kecil? peminat tahun lalu bagaimana? jurusan tersebut menerima berapa mahasiswa/i dan lain sebagaimana. Oh iya aku ngga hanya bergantung pada SNMPTN juga aku juga menggali informasi mengenai PMDK, tetapi tidak ada jurusan yang aku minati sama sekali saat itu aku bingung sekali karena ga ada cadangan lagi selain SNMPTN, btw ada sih cadangan kalau ga diterima di SNMPTN kan masih ada SBMPTN tuh, tapi aku ingin nilai rapot aku itu berguna, tapi orang tua ku juga mengikutkan ku untuk bimbel persiapan SBMPTN. Okey kembali yang tadi aku sedih karena ga ada cadangan lain, dan akhirnya tentor konseling aku berusaha menguatkan tekatku dan jangan lupa untuk berdoa semoga keinginan aku masuk universitas melalui jalur SNMPTN terwujud.
Langsung dipercepat saja, akhirnya aku telah berdiskusi dengan orang tua ku jurusan yang akan aku ambil dan jurusan itu sudah aku pertimbangan di tentor konseling. Dan pada sampai akhirnya dimana tanggal 22 Maret 2019 adalah pengumuman hasil SNMPTN alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT, Allah mempercayakan aku untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Brawijaya dengan jurusan Teknik Bioproses.
Jadi untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan jangan lupa untuk selalu berikhtiar ya teman, usaha tidak mengkhianti hasil kok, jangan lupa juga untuk selalu berdoa kepada tuhan, aku mau berbagi tips dari guru kimia aku untuk memotivasi dan sebagai penyemangat saat belajar yaitu kita foto bersama dengan icon perguruan tinggi yang kalian inginkan dan jangan lupa untuk dicetakya fotonya terus pajang deh fotonya di dinding dekat meja belajar kalian atau pun di dinding tempat tidur kalian jadi kalian bakalan ingat bahwa kalian punya impian untuk masukkepeerguruan tinggi yang kalian inginkan dan tips itu aku lakuin loh wkwkwk setiap belajar aku selalu melihat foto itu dan selalu memanjatkan doa.
Oke sekian dulu ya teman-teman terimakasih sudah berkunjung disitus blog sharetheseries.blogspot.com jika kalian suka dengan cerita pengalaman ku ini jangan lupa untuk dilike dan tinggalkan komentar dikolom komentar dan jika kalian suka jangan lupa untuk dishare terimakasih sampai jumpa di artikel selanjutnya teman.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

UB punya asrama?

Lirik iKon - Dive (뛰어들게) dan Terjemahan